Cheating

"Cheating" kata yang baru aku temukan di salah satu halaman web ini aku jadikan judul tulisan kali ini. kalau kita cek di google translate maka arti kata cheting adalah Kecurangan. nah, dalam tulisan ini aku maksudkan kecurangan dalam ujian atau sering kita sebut mencontek

tanggal 17 - 27 oktober 2011, ya tanggal itu adalah hari Ujian tengah Semester di IPB.
Seperti biasa aku memang tidak terlalu mempersiapkan dengan baik untuk ujian kali ini. kembali sistem SKS (tapi kali ini sampe begadang.yah walaupun gak maksimal haha ). lumayan lah untuk ujian kali ini ada peningkatan usahanya.

ngomong-ngomong masalah ujian, jika kamu berada di Indonesia di negara gemah ripah loh jinawi ini tentunya kata mnecontek akan mengikuti kata ujian ini dalam benak kamu(jujur aja, aku juga gitu kok). mencontek sepertinya sudah sangat mendarah daging di negara ini. hanya sedikit orang yang sangat idealis untuk tidak mencontek atau memberikan contekan(Sama-sama curang).
masa-masa SMA, aku memang sering mencontek saat ujian. apa lagi saat ujian nasional.beeuuuh pake strategi boi nyonteknya. kalau ingat masa-masa itu jadi merasa nyesel dan kadang merasa lucu, kadang suka ketawa sendiri kalo inget masa-masa SMA. saat smp juga aku masih bisa loh kirim jawaban unas ke temen lewat sms (huahahaha)
hari ini 25 oktober 2011, godaan untuk mencontek datang dengan indahnya. ujian dengan meteri yang tidak pernah dipelajari saat kuliah dan pengawas yang tidak AWAS menurut saya. suasana kelas mulai tampak ramai beberapa saat ketika kami memasuki ruang ujian dan duduk manis sambil mengintip soal-soal ujian. salama 2 jam waktu ujian sangat terbuka lebar kesempatan untuk mencontek. tapi saya teringat ucapan seseorang "mencontek itu tidak boleh, curang akan menghasilkan sesuatu yang tidak barokah. hasil ujian kamu akan tercantum dalam ijazah dan ijazah kamu akan kamu gunakan untuk melamar pekerjaan dan nantinya kamu akan mendapatkan pekerjaan yang tidak barokah".
Di Jepang tindakan kecurangan atau mencontek sangat dilarang dan bahkan bisa di D.O dari universitas/instansi. saya ingat dulu saat salah ujian, sbelum ujian dosen menampilkan sebuah halaman web yang berisi seorang siswa di salah satu negara di penjara karena ketahuan mencontek. luar biasa...dosen yang telah memberikan pengantar itu dan kisah itu. makanya aku yakin temen-temen sekelasku sudah tahu akan hal itu, tapi pertanyaannya apakah tayangan itu telah merubah pola pikir mereka ? dan saya berani memberikan jawaban tidak semua anak telah mengambil hikmah dari kisah yang telah di tayangkan oleh dosenku itu.buktinya di kelas masih saja berjalan "kegiatan" contek mencontek. tapi dari sekian 110 anak di kelasku pasti ada orang yang telah mendapatkan pelajaran dari kisah itu dan salah satunya adalah aku. ya...dosen itu tidak pernah sedikitpun sia-sia dalam usahanya itu. dan sekarang saya juga akan berusaha untuk sedikit demi sedikit mengurangi pencontekan. dimulai dari sendiri dulu dan dari tuliasan ini.
semangat untuk jujur saat ujian
KARENA UJIIAN BUKAN HANYA SEKEDAR NILAI !!! kamu akan lebih PUAS saat kamu bekerja sendiri walaupun hasilnya tidak bagus...feel the diferent !!!

foot note:
2009..masa dimana aku masuk ke kampus hijau IPB. aku udah ninggalin kebiasaan mencontek saat Ujian (alhamdulillah, sesuatu banget). memang banyak perubahan yang terjadi saat aku sudah mulai kuliah di tempat ini. sistem (bukan sistem yang di buat resmi di ipb) yang telah membuatku seperti ini. banyak perubahan menuju arah yang lebih baik lagi. mimpi-mimpi ku sekarang lebih tertata, lebih bersemangat untuk menggapainnya, lebih, lebih dan semoga selalu menuju arah perbaikan yang lebih baik lagi untuk kedepannya. semangat bermanfaat ^^

0 komentar:

Posting Komentar